Bisnis Elektronik (E-Business) dan
Kerja Sama Global
Bab
2 Bisnis Elektronik (E-Business) dan Kerja Sama Global
GLOBAL E-BUSINESS AND COLLABORATION
A.PROSES BISNIS DAN SISTEM INFORMASI
Agar
dapat beroperasi, bisnis harus berhubungan dengan banyak bagian yang berbeda
dari informasi mengenai pemasok, pelanggan, karyawan, tagihan dan pembayaran,
dan tentu saja produk dan jasa mereka.
Sistem
informasi memungkinkan perusahaan untuk mengelola seluruh informasinya, membuat
keputusan yang lebih baik, dan meningkatkan pelaksanaan proses bisnis mereka.
Proses
Bisnis
Sistem
informasi adalah proses meningkatkan bisnis yang terletak pada inti bisnis.
Proses bisnis mengacu kepada metode dimana pekerjaan dikelola, dikoordinasikan,
dan difokuskan untuk memproduksi produk atau jasa yang bernilai.
Proses
bisnis adalah arus kerja dari bahan baku, informasi dan pengetahuan seperangkat
aktifitas. Proses bisnis juga mengacu kepada cara unik dimana manajemen untuk
memilih mengoordinasikan pekerjaan.
Salah
satu tujuan utama dari sistem informasi adalah untuk memungkinkan proses bisnis
yang sangat efisien. Kinerja perusahaan tergantung kepada seberapa baik proses
bisnis dirancang dan dikoordinasikan.
Banyak
proses bisnis yang terikat dengan wilayah fungsional tertentu. Contohnya pada
wilayah fungsional keuangan dan akuntansi, proses bisnisnya meliputi membayar
kreditor, membuat laporan keuangan, dan mengelola akun kas. Keseluruhan proses
tersebut membutuhkan sistem informasi untuk menjadi lebih efisien.
Bagaimana
Teknologi Informasi Meningkatkan Proses Bisnis : Efisiensi dan Perubahan
Cara utama sistem informasi meningkatkan
proses bisnis adalah meningkatkan efesiensi proses yang telah ada dan
memungkinkan keseluruhan proses baru yang memungkinkan merubah bisnis.
Sistem
informasi mengotomatiskan banyak tahap pada proses bisnis yang sebelumnya
dilakukan secara manual. Teknologi baru dapat mengubah arus informasi,
menggantikan langkah berurutan dengan tugas yang dapat dilakukan bersamaan
secara paralel, dan menghilangkan penundaan pada pembuatan keputusan. Informasi
dapat mengubah cara bisnis bekerja dan mendorong model bisnis yang sepenuhnya
baru.
Dengan
melakukan analsis proses bisnis kita dapat mengerti bagaimana untuk mengubah
bisnis agar menjadi lebih efisien atau efektif.
B.JENIS
SISTEM INFORMASI
Sistem
untuk Grup Manajemen Berbeda
Sebuah perusahaan bisnis memiliki sistem untuk
mendukung kelompok-kelompok yang berbeda atau tingkatan manajemen. Sistem ini
meliputi sistem pemrosesan transaksi, manajemen
sistem
informasi, sistem pendukung keputusan, dan sistem untuk intelijen bisnis.
Sistem
Pengolahan Transaksi
Manajer
operasional membutuhkan sistem yang menyimpan catatan aktivitas dasar dan
transaksi organisasi, seperti penjualan, penerimaan, penyimpanan kas,
penggajian, keputusan kredit dan arus bahan baku di pabrik. Sistem pengolahan
transaksi menyediakan jenis informasi ini. Sebuah sistem pengolahan transaksi
adalah sistem terkomputerisasi yang menjalankan dan mencatat transaksi rutin
harian yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, seperti memasukkan pesanan
penjualan, pemesanan hotel, penggajian, pencatatan karyawan, dan pengiriman.
Tujuan utama sistem ini adalah untuk menjawab pertanyaan rutin dan untuk
melacak arus transaksi yang melalui organisasi. Manajer membutuhkan TPS untuk
memonitor status operasi internal dan hubungan perusahaan dengan lingkungan
eksternal.
Sistem
Intelijen Bisnis untuk Pendukung Keputusan
Intelejen
bisnis adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan proses yang terkait
dengan aktivitas pengumpulan, pengendalian dan pemanipulasian, dan
penganalisaan data dari sumber masa lalu dan sekarang, serta menyediakan
pelaporan intelejen yang memfasilitasi para pengambil keputusan bisnis yang
terinformasi baik. Oleh karenanya, intelijen bisnis sering disebut juga sebagai
sistem pendukung keputusan.
Bisnis
intelijen merupakan evolusi dari sistem pendukung keputusan Decision Support
Systems (DSS) yang dimulai pada tahun 1960 dan dikembangkan pada tahun 1980-an
. DSS berasal dari model dibantu komputer dibuat untuk membantu pengambilan
keputusan atau Executive Information Systems (EIS) dan perencanaan . Dari DSS ,
Data Warehouse, Sistem Informasi Eksekutif (EIS) , OLAP dan akhirnya
menjadi intelijen bisnis.
Sistem
untuk Menghubungkan Enterprise
–> Aplikasi perusahaan
Aplikasi
perusahaan merupakan sistem yang melingkupi area fungsional berfokus pada
menjalankan proses bisnis didalam perusahaan bisnis dan termasuk seluruh
tingkatan manajemen.
Terdapat
empat aplikasi perusahaan utama yaitu:
Sistem
perusahaan yaitu menyelesaikan masalah dengan mengumpulkan data dari berbagai
proses bisnis inti pada manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntasi
penjualan dalam pemasaran.
Sistem
manajemen rantai pasokan,sistem ini menyediakan informasi untuk membantu pemasok,
perusahaan pembeli, distributor, dan perusahaan logistik untuk berbagi mengenai
segala informasi mengenai pemesanan, produksi, tingkat persediaan,dan
pengantaran produk dan jasa agar mereka dapat mencari sumber, memproduksi, dan
mnegirimkan barang dan jasa dengan efisien.
Sistem
manajemen hubungan pelanggan yaitu membantu perusahaan mengelola hubungannya
dengan pelanggan.sistem ini menyediakan informasi untuk mengoordinasikan
seluruh proses bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dalam hal penjualan
pemasaran dan pelayanan untuk mengoptimalkan pendapatan kepuasan pelanggan dan
pemertahanan pelanggan.
Sistem
manajemen pengetahuan, sistem ini memungkinkan organisasi untuk lebih baik
dalam mengelola proses pemerolehan dan penerapan pengetahuan dan keahlian.
–> Intranet dan ekstranet
Intranet
adalah jaringan internal yang dibangun dengan peralatan yang dan standar
komunikasi yang sama dengan internet dan digunakan untuk distribusi informasi
secara internal kepada karyawan dan sebagai penyimpanan kebijakan program dan
data perusahaan.
Ekstranet
adalah internet yang diperpanjang kepada pengguna nyang diizinkan diluar
perusahaan.
E-Business,
E-Commerce, Dan E-Government
E-business mengacu kepada penggunaan teknologi
digital dan internet untuk menjalankan proses bisnis utama pada perusahaan.
E-commerce
adalah bagian dari e-business yang berhubungan dengan pembelian dan penjulan
barang dan jasa melalui internet .
E-government
mengacu kepada aplikasi internet dan teknologi jaringan untuk secara digital
memungkinkan hubungan pemerintah dan agen sektor publik dengan
masyarkat,bisnis,dan perpanjangan pemerintah lainnya
C.SISTEM
UNTUK KOLABORASI DAN KERJASAMA
Apa
itu Kolaborasi?
Kolaborasi
bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dan eksplisit.
Kolaborasi berfokus pada tugas atau prestasi misi dan biasanya terjadi dalam
bisnis, atau organisasi lainnya, dan antara perusahaan. Kolaborasi dapat
berlangsung dalam waktu singkat, yang berlangsung beberapa menit, atau jangka
panjang, tergantung pada sifat dari tugas dan hubungan di antara peserta.
Kolaborasi dapat terjadi antara satu-ke-satu atau banyak-ke-banyak.
Manfaat
Bisnis Atas Kolaborasi Dan Kerjasama
Sebuah
survei global terbaru dari bisnis dan sistem informasi manajer menemukan bahwa
investasi dalam teknologi kolaborasi menghasilkan perbaikan organisasi yang
kembali lebih dari empat kali jumlah investasi, dengan keuntungan terbesar
untuk penjualan, pemasaran, dan fungsi penelitian dan pengembangan (Frost dan
White, 2009 ). Studi lain dari nilai kerjasama juga menemukan bahwa manfaat
ekonomi secara keseluruhan kolaborasi yang signifikan: untuk setiap kata yang
dilihat oleh seorang karyawan di e-mail dari orang lain, $ 70 dari pendapatan
tambahan yang dihasilkan (Aral, Brynjolfsson, dan Van Alstyne, 2007) .
Membangun
Budaya Kolaborasi Dan ProsesBisnis
Kolaborasi
tidak akan terjadi secara spontan dalam suatu perusahaan bisnis, terutama jika
tidak ada budaya yang mendukung atau proses bisnis. organisasi di mana para
pemimpin puncak terpikir semua hal benar-benar penting, dan kemudian
memerintahkan karyawan tingkat rendah untuk melaksanakan rencana manajemen
senior. Tugas manajemen menengah seharusnya adalah untuk menyampaikan pesan
bolak-balik, hirarki atas dan bawah.
Komando
dan kontrol perusahaan diperlukan karyawan tingkat rendah untuk melaksanakan
perintah tanpa bertanya terlalu banyak, dengan tidak bertanggung jawab untuk
memperbaiki proses, dan tanpa imbalan untuk kerjasama atau kinerja tim. Jika
workgroup Anda membutuhkan bantuan dari kelompok kerja lain, itu adalah sesuatu
untuk bos untuk mencari tahu. Anda tidak pernah dikomunikasikan secara
horizontal, vertikal selalu, sehingga manajemen bisa mengontrol proses. Selama
karyawan muncul untuk bekerja, dan melakukan pekerjaan memuaskan, itu saja yang
diperlukan. Bersama-sama, harapan manajemen dan karyawan membentuk budaya,
seperangkat asumsi tentang tujuan umum dan bagaimana orang harus bersikap.
Banyak perusahaan bisnis masih beroperasi dengan cara ini.
Alat
Dan Teknologi Untuk Kolaborasi Dan Kerjasama
Kolaboratif
tim-berorientasi budaya tidak akan menghasilkan manfaat jika tidak ada sistem
informasi di tempat untuk memungkinkan kolaborasi. Saat ini terdapat hun-dreds
alat yang dirancang untuk menghadapi kenyataan bahwa, dalam rangka untuk
berhasil dalam pekerjaan kita, kita semua bergantung satu sama lain, sesama
karyawan, pelanggan, pemasok, dan manajer. Beberapa high-end alat-alat seperti
IBM Lotus Notes mahal, tapi cukup kuat bagi perusahaan global. Lainnya tersedia
secara online secara gratis (atau dengan versi premium untuk biaya sederhana) dan
cocok untuk usaha kecil. Mari kita lihat lebih dekat beberapa alat ini.
Email
dan Instant Messaging (IM)
Social
Networking
Wikis
Virtual
Worlds
Internet-Based
Collaboration Enviroments
D.FUNGSI
SISTEM INFORMASI DIDALAM BISNIS
Departemen
Sistem Informasi
Departemen
sistem informasi terdiri atas spesialis, seperti programmer, analis sistem,
pemimpin proyek, dan manajer sistem informasi. Programmer adalah spesialis
teknis yang sangat terlatih yang menulis instruksi piranti lunak untuk
computer. Analis sistem termasuk penghubung utama antara kelompok sistem
informasi dengan seluruh organisasi. Merupakan pekerjaan analis sistem untuk
menerjemahkan masalah dan persyaratan bisnis menjadi kebutuhan informasi dan
sistem. Manajer sistem informasi adalah pemimpin tim programmer dan analis,
manajer proyek, manajer fasilitas fisik, manajer telekomunikasi dan spesialis
basis data manajer ini juga merupakan pengelola staf pengoprasi komputer dan
staf yang memasukan data.
Mengelola
Fungsi Sistem Informasi
IT
governance meliputi strategi dan kebijakan untuk menggunakan teknologi
informasi dalam suatu organisasi. itu menentukan keputusan dan kerangka kerja
akuntabilitas untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi informasi mendukung
strategi organisasi dan tujuan.
KESAKSIAN LUAR BIASA BAGAIMANA SAYA MENDAPATKAN PINJAMAN SAYA Saya memiliki pesan yang sangat penting untuk dibagikan kepada semua orang yang membutuhkan pinjaman dari pemberi pinjaman yang sah. Saya senang berbagi catatan ini dengan semua orang setelah apa yang saya dan istri saya alami di tangan beberapa penjahat menyedihkan yang mengaku menawarkan semacam pinjaman. Sangat sulit untuk mendapatkan pemberi pinjaman yang sah dan terima kasih kepada pemberi pinjaman Best Loan yang membantu saya dengan pinjaman tersebut, Hubungi mereka jika Anda membutuhkan pinjaman dan kembali untuk mengucapkan terima kasih nanti. Saya berjanji mereka tidak akan mengecewakan Anda. kontak Email:- (pedroloanss@gmail.com whatsapp +393510140339) Terima kasih.
BalasHapusNazgul William.