BAB 11 Biaya Kualitas

KONTEN 11
Sebuah  Produk yang berkualitas adalah produk yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Jadi, produk atau jasa yang berkualitas adalah yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan dalam 8 (delapan) dimensi yaitu :

Performance. Bagaimana suatu produk  dapat  difungsikan dengan baik
Aesthetics. Menunjukan kejelasan produks (style, beauty)
Serviceability. Kualitas kemudahan perawatan dan  perbaikan produk.
Features. Karakteristik produk yang berbeda atas produks yang sama.
Reliability. Kemungkinan bahwa  produk atau service dapat  diandalkan dalam waktu yg lama.
Durability. Lama fungsi sebuah Produk
Quality of conformance. Kesesuaian produk dengan kualitas/specifications.
Fitness for use. Kecocokan penggunaan produk sesuai yang diharapkan


Biaya Kualitas

Sedangkan biaya kualitas itu sendiri adalah biaya-biaya yang timbul karena mungkin atau telah terdapat produk yang buruk kualitasnya. Dalam hal ini, biaya kualitas berkaitan dengan kegiatan pengendalian dan kegiatan  karena kegagalan. Zero defects berarti bahwa semua produks sesuai dengan specifications.(Berkualitas)



Empat kategori biaya kualitas :

Biaya pencegahan yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mencegah dihasilkannya kualitas buruk.
Biaya penilaian yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mendeteksi adanya kualitas yang buruk.
Biaya kegagalan internal yaitu biaya-biaya yang dikeluarkan karena produk gagal memenuhi persyaratannya dan kegagalan ini diketahui sebelum dilakukannya penjualan.
Biaya kegagalan eksternal yaitu biaya-biaya yang terjadi karena produk gagal memenuhi persyaratannya setelah terjadinya penjualan.
Klasifikasi biaya kualitas, antara lain :

Biaya yang dapat diamati (observable quality costs) merupakan biaya-biaya yang tersedia atau dapat diperoleh dari catatan akuntansi perusahaan.
Biaya yang tidak dapat diamati (hidden costs) adalah biaya kesempatan atau oportunitas yang terjadi karena adanya kualitas yang buruk .


Tiga metode untuk mengestimasi biaya kualitas tersembunyi :

Metode Pengali
Mengasumsikan bahwa total biaya kegagalan adalah hasil pengalian dari biaya-biaya kegagalan yang terukur :



Total biaya kegagalan eksternal = k (Biaya kegagalan eksternal yang terukur)



dimana ‘ k ‘ adalah the multiplier effect

Jika k = 4, dan biaya kegagalan eksternal yang terukur sebesar $2 million, maka estimasi Total biaya kegagalan eksternal  menjadi sebesar $8 million.



Metode Penelitian Pasar
Digunakan untuk menilai dampak kualitas yang buruk terhadap penjualan dan pangsa pasar.Hasil penelitian pasar dapat digunakan untuk memproyeksikan hilangnya laba di masa depan akibat kualitas yang buruk.



Fungsi Kerugian Kualitas Taguchi
Mengasumsikan bahwa setiap penyimpangan dari nilai target suatu karakteristik kualitas dapat menimbulkan biaya kualitas yang tersembunyi.
·        Fungsi Kerugian Kualitas Taguchi



                                L(y) = k(y – T)²

k = Konstanta proporsionalitas yang

      besarnya bergantung pada struktur biaya

      kegagalan  eksternal perusahaan

y =Nilai actual dari karakteristik kualitas

T = Nilai target dari karakteristik kualitas

L =Kerugian kualitas
Untuk menggunakan fungsi kerugian Taguchi, maka nilai k harus diestimasi dengan rumus sebagai berikut :

                                         K = c/d²



Dimana :
c = Kerugian pada batas spesifikasi atas atau bawah
d = Jarak batas dari nilai target

Produktifitas Sebagai Alat Pengukuran dan Pengendalian efisiensi produktif total adalah suatu titik dimana dua kondisi terpenuhi yaitu,:
Pada setiap bauran input untuk memproduksi output tertentu maka tidak satu input pun yang digunakan lebih dari yang diperlukan untuk menghasilkan output atas bauran-bauran yang memenuhi kondisi pertama maka dipilih bauran dengan biaya terendah.
·        Tehnik Efisiensi
Tehnik Efisiensi adalah kondisi dimana sudah tidak ada lagi satu inputpun yang digunakan lebih dari yang diperlukan untuk menghasilkan output.

Peningkatan Tehnik efisiensi improvement dapat dicapai dengan menggunakan lebih sedikit input untuk menghasilkan ouput yang sama, atau memproduksi output lebih banyak dengan jumlah input yang sama, atau memproduksi output lebih banyak dengan input relative lebih sedikit.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Business

Popular

Arsip Blog

Recent Posts