E-Commerce:
Pasar Digital, Barang Digital
Bab
10 E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital
10.1
E-COMMERCE DAN INTERNET
Pernahkah
Anda membeli musik melalui Web atau streaming film? Pernahkah Anda menggunakan
Web untuk mencari informasi tentang sepatu kets sebelum Anda membelinya di toko
eceran? Jika demikian, Anda telah berpartisipasi dalam e-commerce. Pada tahun
2010, 133 juta orang Amerika dewasa membeli sesuatu secara online, seperti juga
jutaan orang lainnya di seluruh dunia. Dan walaupun kebanyakan pembelian masih
dilakukan melalui jalur tradisional, e-commerce terus berkembang pesat dan
mengubah cara banyak perusahaan melakukan bisnis.
E-COMMERCE
HARI INI
E-commerce
mengacu pada penggunaan Internet dan Web untuk bertransaksi bisnis. Secara
lebih formal, e-commerce adalah tentang transaksi komersial secara digital
antara organisasi dan individu. Pada umumnya, ini berarti transaksi yang
terjadi melalui Internet dan Web. Transaksi komersial melibatkan pertukaran
nilai (misalnya, uang) melintasi batas organisasi atau individu sebagai imbalan
atas produk dan layanan.
MENGAPA
E-COMMERCE BERBEDA
Mengapa
e-commerce berkembang begitu pesat? Jawabannya terletak pada sifat unik
internet dan web. Sederhananya, teknologi Internet dan e-commerce jauh lebih
kaya dan hebat daripada revolusi teknologi sebelumnya seperti radio, televisi,
dan telepon.
Dalam
perdagangan tradisional, pasar adalah tempat fisik, seperti toko ritel, yang
Anda kunjungi untuk bertransaksi bisnis. E-commerce ada di mana-mana, artinya
tersedia di mana-mana, kapan saja. Ini memungkinkan Anda berbelanja dari
desktop, rumah, di tempat kerja, atau bahkan dari mobil Anda, menggunakan
mobile commerce. Hasilnya disebut marketpace-pasar melampaui batas-batas
tradisional dan dihapus dari lokasi temporal dan geografis.
Dari
sudut pandang konsumen, di mana mengurangi biaya transaksi untuk berpartisipasi
dalam pasar. Untuk bertransaksi bisnis, tidak perlu lagi Anda menghabiskan
waktu atau uang untuk pergi ke pasar, dan usaha mental yang jauh lebih sedikit
diperlukan untuk melakukan pembelian. Teknologi e-commerce memungkinkan
transaksi komersial melintasi batas budaya dan nasional jauh lebih mudah dan
hemat biaya daripada yang sebenarnya dalam perdagangan tradisional. Standar
teknis universal Internet dan e-commerce sangat menurunkan biaya masuk pasar,
pedagang harus membayar hanya untuk membawa barang mereka ke pasar. Pada saat
yang sama, bagi konsumen, standar universal mengurangi biaya pencarian usaha
yang dibutuhkan untuk menemukan produk yang sesuai. Kekayaan informasi mengacu
pada kompleksitas dan isi sebuah pesan. Tidak seperti teknologi komersial abad
kedua puluh, dengan kemungkinan pengecualian telepon, teknologi e-commerce
bersifat interaktif, yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah antara pedagang
dan konsumen. Internet dan Web sangat meningkatkan kepadatan informasi yaitu
jumlah dan kualitas informasi yang tersedia bagi semua pelaku pasar, konsumen,
dan pedagang.
Kepadatan
informasi di pasar e-commerce membuat harga dan biaya lebih transparan. Transparansi
harga mengacu pada kemudahan konsumen untuk mengetahui variasi harga di pasar;
Transparansi biaya mengacu pada kemampuan konsumen untuk menemukan biaya
sebenarnya yang dibayarkan pedagang untuk produk. Teknologi e-commerce
mengizinkan personalisasi: Pedagang dapat menargetkan pesan pemasaran mereka
kepada individu tertentu dengan menyesuaikan pesan dengan nama, minat, dan
pembelian sebelumnya. Teknologi ini juga memungkinkan kustomisasi (mengubah)
produk atau layanan yang disampaikan berdasarkan preferensi pengguna atau
perilaku sebelumnya. Berbeda dengan teknologi sebelumnya, teknologi Internet
dan e-commerce telah berevolusi menjadi lebih sosial dengan memungkinkan
pengguna membuat dan berbagi dengan teman-teman mereka (dan komunitas yang lebih
besar di seluruh dunia) dalam bentuk teks, video, musik, atau foto. Dengan
menggunakan bentuk komunikasi ini, pengguna dapat menciptakan jejaring sosial
baru dan memperkuat jaringan yang ada.
KONSEP
KUNCI DALAM E-COMMERCE: PASAR DIGITAL DAN BARANG DIGITAL DI PASAR GLOBAL
Lokasi,
waktu, dan model pendapatan bisnis sebagian didasarkan pada biaya dan
distribusi informasi. Internet telah menciptakan pasar digital di mana jutaan
orang di seluruh dunia dapat menukar sejumlah besar informasi secara langsung,
cepat, dan gratis. Akibatnya, Internet telah mengubah cara perusahaan melakukan
bisnis dan meningkatkan jangkauan global mereka. Internet mengurangi asimetri
informasi. Asimetri informasi ada bila satu pihak dalam transaksi memiliki
lebih banyak informasi yang penting untuk transaksi daripada pihak lainnya.
Informasi itu membantu menentukan daya tawar mereka yang relatif. Di pasar
digital, konsumen dan pemasok dapat “melihat” harga yang dikenakan untuk
barang, dan dalam arti itulah pasar digital dikatakan lebih “transparan”
daripada pasar tradisional. Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena
beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang rendah, biaya menu yang
lebih rendah (biaya pedagang untuk mengubah harga), diskriminasi harga yang
lebih tinggi, dan kemampuan untuk mengubah harga secara dinamis berdasarkan
kondisi pasar. Dalam penetapan harga dinamis, harga suatu produk bervariasi
tergantung pada karakteristik permintaan dari pelanggan atau situasi penawaran
penjual. Penghapusan organisasi atau lapisan proses bisnis yang bertanggung
jawab atas langkah-langkah perantara dalam rantai nilai disebut
disintermediasi.
Pasar
digital Internet telah sangat memperluas penjualan barang digital. Barang
digital adalah barang yang bisa dikirim melalui jaringan digital. Trek musik,
video, film Hollywood, perangkat lunak, surat kabar, majalah, dan buku semuanya
dapat diungkapkan, disimpan, dikirim, dan dijual sebagai produk digital murni.
10.2
E-COMMERCE: BISNIS DAN TEKNOLOGI
E-commerce
telah berkembang dari beberapa iklan di portal Web awal pada tahun 1995,
menjadi lebih dari 6 persen dari seluruh penjualan eceran pada tahun 2010
(sekitar $ 255 miliar), melampaui bisnis katalog pesanan lewat pos. E-commerce
adalah kombinasi yang menarik dari model bisnis dan teknologi informasi baru.
Mari kita mulai dengan pemahaman dasar tentang jenis e-commerce, dan kemudian
menjelaskan model bisnis dan pendapatan e-commerce.
JENIS
E-COMMERCE
Ada
banyak cara untuk mengklasifikasikan transaksi perdagangan elektronik. Salah
satunya adalah dengan melihat sifat peserta dalam transaksi perdagangan
elektronik. Tiga kategori perdagangan elektronik utama adalah e-commerce
business-to-consumer (B2C), business-to-business (B2B), dan consumer-to
consumer (C2C) e-commerce.
- Perdagangan elektronik
business-to-consumer (B2C) melibatkan produk ritel dan layanan kepada
pembeli individual. BarnesandNoble.com, yang menjual buku, perangkat lunak, dan musik ke
konsumen individual, adalah contoh B2C e-commerce.
- Perdagangan elektronik
business-to-business (B2B) melibatkan penjualan barang dan jasa antar
bisnis. Situs Web ChemConnect untuk membeli dan menjual bahan kimia dan
plastik adalah contoh B2B e-commerce.
- Consumer-to-consumer (C2C)
perdagangan elektronik melibatkan konsumen yang menjual langsung ke
konsumen. Misalnya, eBay, situs lelang Web raksasa, memungkinkan orang
menjual barang mereka ke konsumen lain dengan melelang barang dagangan
mereka ke penawar tertinggi, atau dengan harga tetap. Craigslist adalah
platform yang paling banyak digunakan konsumen untuk membeli dan menjual
langsung kepada orang lain.
Penggunaan
perangkat nirkabel genggam untuk pembelian barang dan jasa dari lokasi manapun
disebut mobile commerce atau m-commerce.
MODEL
BISNIS E-COMMERCE
Perubahan
dalam ekonomi informasi yang dijelaskan sebelumnya telah menciptakan kondisi
bagi model bisnis yang sama sekali baru untuk muncul, sekaligus menghancurkan
model bisnis yang lebih tua. Semua, dengan satu atau lain cara, gunakan
Internet untuk menambahkan nilai ekstra pada produk dan layanan yang ada atau
memberikan fondasi untuk produk dan layanan baru.
Portal
Portal
seperti Google, Bing, Yahoo, MSN, dan AOL menawarkan alat pencarian Web yang
hebat serta paket konten dan layanan terpadu, seperti berita, e-mail, pesan
instan, peta, kalender, belanja, unduhan musik, video streaming, dan banyak
lagi, semua dalam satu tempat. Awalnya, portal utamanya adalah “gateway” ke
Internet. Hari ini, bagaimanapun, model bisnis portal menyediakan situs tujuan
di mana pengguna memulai pencarian Web mereka dan berlama-lama membaca berita,
menemukan hiburan, dan bertemu dengan orang lain, dan memaparkan iklan. Portal
menghasilkan pendapatan terutama dengan menarik khalayak yang sangat besar,
membebankan pengiklan untuk penempatan iklan, mengumpulkan biaya rujukan untuk
mengarahkan pelanggan ke situs lain, dan membebankan biaya untuk layanan
premium.
E-tailer
Toko
ritel online, yang sering disebut e-tailers, hadir dalam semua ukuran, mulai
dari Amazon raksasa dengan pendapatan 2010 lebih dari $ 24 miliar, hingga toko
lokal kecil yang memiliki situs Web. Sebuah e-tailer mirip dengan etalase batu
bata dan mortir yang khas, kecuali bahwa pelanggan hanya perlu terhubung ke
Internet untuk memeriksa inventaris mereka dan melakukan pemesanan.
Penyedia
konten
Sementara
e-commerce dimulai sebagai saluran produk ritel, semakin berubah menjadi
saluran konten global. “Konten” didefinisikan secara luas untuk mencakup semua
bentuk kekayaan intelektual. Properti intelektual mengacu pada semua bentuk
ekspresi manusia yang dapat dimasukkan ke dalam media berwujud seperti teks,
CD, DVD, atau disimpan pada media digital (atau lainnya), termasuk Web.
Penyedia konten mendistribusikan konten informasi, seperti video digital,
musik, foto, teks, dan karya seni, melalui Web. Proposisi nilai penyedia konten
online adalah konsumen dapat menemukan berbagai konten secara online, mudah,
dan membeli konten ini dengan harga murah, untuk dimainkan, atau dilihat, di
beberapa perangkat komputer atau smartphone. Podcasting adalah metode untuk
mempublikasikan siaran audio atau video melalui Internet, sehingga memungkinkan
pengguna untuk mendownload file audio atau video ke komputer pribadi atau
pemutar musik portabel mereka. Streaming adalah metode penerbitan untuk file
musik dan video yang mengalirkan arus konten kontinu ke perangkat pengguna
tanpa disimpan secara lokal di perangkat.
Broker
Transaksi
Situs
yang memproses transaksi untuk konsumen yang biasanya ditangani secara
langsung, melalui telepon, atau melalui pos adalah broker transaksi. Industri
terbesar yang menggunakan model ini adalah jasa keuangan dan jasa perjalanan.
Proposisi nilai utama broker transaksi online adalah penghematan uang dan
waktu, serta menyediakan persediaan produk keuangan dan paket perjalanan yang
luar biasa, di satu lokasi. Broker saham online dan layanan pemesanan
perjalanan mengenakan biaya yang jauh lebih rendah daripada versi tradisional
layanan ini.
Pencipta
pasar
Pencipta
pasar membangun lingkungan digital tempat pembeli dan penjual dapat bertemu,
menampilkan produk, mencari produk, dan menetapkan harga. Proposisi nilai
pencipta pasar online adalah mereka menyediakan platform tempat penjual dapat
dengan mudah menampilkan barang dagangan mereka dan di mana pembeli dapat
membeli langsung dari penjual.
Penyedia
layanan
Sementara
e-tailers menjual produk secara online, penyedia layanan menawarkan layanan
secara online. Ada ledakan dalam layanan online. Aplikasi Web 2.0, berbagi
foto, dan situs online untuk backup data dan penyimpanan semuanya menggunakan
model bisnis penyedia layanan. Perangkat lunak bukan lagi produk fisik dengan
CD di dalam kotak, namun semakin banyak perangkat lunak sebagai layanan (SaaS)
yang dimana Anda berlangganan secara online daripada membeli dari pengecer
(lihat Bab 5). Google telah memimpin pengembangan aplikasi layanan perangkat
lunak online seperti Google Apps, Gmail, dan layanan penyimpanan data online.
Penyedia
Komunitas
Penyedia
komunitas adalah situs yang menciptakan lingkungan online digital di mana
orang-orang dengan minat yang sama dapat bertransaksi (membeli dan menjual
barang); berbagi minat, foto, video; berkomunikasi dengan orang yang berpikiran
sama; menerima informasi terkait minat; dan bahkan bermain diluar fantasi
dengan mengadopsi kepribadian online disebut avatar.
MODEL
REVENUE E-COMMERCE
Model
pendapatan perusahaan menggambarkan bagaimana perusahaan akan memperoleh
pendapatan, menghasilkan keuntungan, dan menghasilkan laba atas investasi yang
superior. Meskipun ada banyak model pendapatan e-commerce yang berbeda yang
telah dikembangkan, sebagian besar perusahaan mengandalkan satu atau beberapa
kombinasi dari enam model pendapatan berikut: iklan, penjualan, langganan,
gratis / free, biaya transaksi, dan afiliasi.
Dalam
model pendapatan iklan, situs Web menghasilkan pendapatan dengan menarik banyak
pengunjung yang kemudian dapat terkena iklan. Model iklan adalah model
pendapatan yang paling banyak digunakan dalam e-commerce, dan boleh dibilang,
tanpa pendapatan iklan, Web akan menjadi pengalaman yang jauh berbeda dari apa
adanya sekarang.
Dalam model pendapatan penjualan,
perusahaan memperoleh pendapatan dengan menjual barang, informasi, atau layanan
kepada pelanggan. Perusahaan seperti Amazon (yang menjual buku, musik, dan
produk lainnya), LLBean.com, dan Gap.com, semuanya memiliki model pendapatan penjualan. Sistem
mikropayment menyediakan penyedia konten dengan metode biaya-efektif untuk
memproses volume transaksi moneter sangat kecil (dari $ 25 sampai $ 5,00 per
transaksi).
Dalam
model pendapatan berlangganan, situs Web yang menawarkan konten atau layanan
mengenakan biaya berlangganan untuk akses ke beberapa atau semua penawarannya
secara berkelanjutan. Penyedia konten sering menggunakan model pendapatan ini.
Misalnya, versi online Consumer Reports menyediakan akses ke konten premium,
seperti penilaian, ulasan, dan rekomendasi terperinci, hanya kepada pelanggan,
yang memiliki pilihan untuk membayar biaya berlangganan bulanan sebesar $ 5,95
atau biaya tahunan sebesar $ 26,00.
Dalam
model pendapatan bebas / free, perusahaan menawarkan layanan dasar atau konten
secara gratis, sambil mengenakan premium untuk fitur lanjutan atau fitur
khusus.
Dalam
model pendapatan biaya transaksi, perusahaan menerima biaya untuk mengaktifkan
atau melaksanakan transaksi.
Dalam
model pendapatan afiliasi, situs Web (disebut “situs web afiliasi”) mengirim
pengunjung ke situs Web lain dengan imbalan biaya rujukan atau persentase
pendapatan dari penjualan yang dihasilkan.
WEB
2.0: JARINGAN SOSIAL DAN KEBIJAKSANAAN ORANG BANYAK
Salah
satu area pendapatan e-commerce paling cepat berkembang adalah layanan online
Web 2.0, yang kami jelaskan di Bab 7. Layanan Web 2.0 yang paling populer
adalah jejaring sosial, tempat pertemuan online di mana orang dapat bertemu
teman dan teman-teman mereka. Setiap hari lebih dari 60 juta pengguna internet
di Amerika Serikat mengunjungi situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace,
LinkedIn, dan ratusan lainnya. Situs jejaring sosial menghubungkan orang-orang
melalui hubungan bisnis dan pribadi mereka, sehingga memungkinkan mereka
menambang teman mereka (dan teman -teman mereka) untuk prospek penjualan, tip kerja,
atau teman baru.
Menciptakan
situs di mana ribuan, bahkan jutaan orang dapat berinteraksi menawarkan bisnis
kepada perusahaan yaitu cara baru untuk memasarkan dan mengiklankan, serta
untuk menemukan siapa yang suka (atau membenci) produk mereka. Dalam sebuah
fenomena yang disebut “kebijaksanaan orang banyak,” beberapa orang berpendapat
bahwa sejumlah besar orang dapat membuat keputusan yang lebih baik mengenai
berbagai topik atau produk daripada satu orang atau bahkan komite ahli kecil
(Surowiecki, 2004). Selain meminta saran, perusahaan dapat secara aktif
membantu memecahkan beberapa masalah bisnis dengan menggunakan apa yang disebut
crowdsourcing. Perusahaan juga bisa menggunakan kebijaksanaan orang banyak
dalam bentuk prediksi pasar. Pasar prediksi ditetapkan sebagai pasar taruhan
peer-to-peer dimana para peserta membuat taruhan pada hasil spesifik,
katakanlah, penjualan produk baru tiga bulan, desain untuk produk baru, atau
pemilihan politik.
E-COMMERCE
MARKETING
Sementara
e-commerce dan Internet telah mengubah seluruh industri dan memungkinkan model
bisnis baru, industri tidak lebih terpengaruh daripada komunikasi pemasaran dan
pemasaran. Internet memberi para pemasar cara baru untuk mengidentifikasi dan
berkomunikasi dengan jutaan pelanggan potensial dengan biaya yang jauh lebih
rendah daripada media tradisional, termasuk pemasaran mesin telusur, data
mining, sistem recommender, dan e-mail yang ditargetkan. Internet memungkinkan
pemasaran panjang.
Banyak
perusahaan pemasaran e-commerce menggunakan teknik penargetan perilaku untuk
meningkatkan efektivitas iklan banner, multimedia, dan video. Penargetan
perilaku mengacu pada pelacakan aliran klik (riwayat perilaku klik) individu di
ribuan situs Web untuk tujuan memahami minat dan niat mereka, dan mengeksposnya
ke iklan yang sesuai secara unik dengan tingkah laku mereka.
B2B
E-COMMERCE: EFISIENSI BARU DAN HUBUNGANNYA
Perdagangan
antara perusahaan bisnis (business-to-business commerce atau B2B) mewakili
pasar yang sangat besar. Jumlah total perdagangan B2B di Amerika Serikat pada
tahun 2009 adalah sekitar $ 12,2 triliun, dengan B2B e-commerce (B2B online)
berkontribusi sekitar $ 3,6 triliun dari jumlah tersebut (Biro Sensus A.S.,
2010; perkiraan penulis). Pada tahun 2014, B2B e-commerce telah tumbuh menjadi
sekitar $ 5,1 triliun di Amerika Serikat, dengan asumsi tingkat pertumbuhan
rata-rata sekitar 7 persen. Proses melakukan perdagangan antar perusahaan
bisnis sangat kompleks dan membutuhkan intervensi manusia yang signifikan, dan
karena itu mengkonsumsi sumber daya yang signifikan. Beberapa perusahaan
memperkirakan bahwa setiap pesanan pembelian perusahaan untuk produk pendukung
membebankan biaya tersebut, rata-rata, setidaknya $ 100 untuk biaya
administrasi.
Sekitar
80 persen e-commerce online B2B masih berbasis pada sistem proprietary untuk
electronic data interchange (EDI). Pertukaran data elektronik memungkinkan
pertukaran komputer-komputer antara dua organisasi transaksi standar seperti
faktur, bill of lading, jadwal pengiriman, atau pesanan pembelian.
Jaringan
industri swasta biasanya terdiri dari perusahaan besar yang menggunakan
ekstranet untuk terhubung ke pemasoknya dan mitra bisnis utama lainnya.
Jaringan tersebut dimiliki oleh pembeli, dan memungkinkan perusahaan dan
pemasok, distributor, serta mitra bisnis lainnya untuk berbagi desain dan
pengembangan produk, pemasaran, penjadwalan produksi, manajemen persediaan, dan
komunikasi tidak terstruktur, termasuk grafik dan e-mail. Istilah lain untuk
jaringan industri swasta adalah pertukaran pribadi.
Ada
banyak jenis pasar bersih dan cara mengklasifikasikannya. Beberapa pasar bersih
menjual barang langsung dan beberapa menjual barang tidak langsung. Barang
langsung adalah barang yang digunakan dalam proses produksi, seperti lembaran
baja untuk produksi bodi mobil. Barang tidak langsung adalah barang lain yang
tidak terlibat langsung dalam proses produksi, seperti perlengkapan kantor atau
produk untuk perawatan dan perbaikan.
Bursa
secara independen memiliki pasar bersih pihak ketiga yang menghubungkan ribuan
pemasok dan pembeli untuk pembelian spot. Banyak bursa memberikan pasar
vertikal untuk industri tunggal, seperti makanan, peralatan elektronik, atau
peralatan industri, dan mereka terutama menangani input langsung.
10.3
MOBILE DIGITAL PLATFORM DAN MOBILE E-COMMERCE
Berjalanlah
di jalan di area metropolitan utama manapun dan hitung berapa banyak orang yang
sedang mogok di iPhone atau BlackBerry mereka. Naik kereta api, naik pesawat,
dan Anda akan melihat sesama pelancong membaca koran online, menonton video di
telepon mereka, atau membaca novel di Kindle mereka. Dalam lima tahun,
mayoritas pengguna internet di Amerika Serikat akan mengandalkan perangkat
mobile sebagai perangkat utama mereka untuk mengakses Internet. M-commerce
telah lepas landas.
LAYANAN
DAN APLIKASI M-COMMERCE
Bidang
utama pertumbuhan dalam mobile e-commerce adalah layanan berbasis lokasi,
sekitar $ 215 juta pendapatan pada tahun 2010; penjualan aplikasi perangkat
lunak di toko-toko seperti iTunes (sekitar $ 1,8 miliar); download hiburan nada
dering, musik, video, dan acara TV (sekitar $ 1 miliar); iklan display seluler
($ 784 juta); layanan belanja langsung seperti Slifter ($ 200 juta); dan
penjualan e-book ($ 338 juta). Aplikasi m-commerce telah diluncurkan untuk
layanan yang sangat penting, yang menarik perhatian orang-orang yang sedang
bergerak, atau yang menyelesaikan tugas dengan lebih efisien daripada metode
lainnya.
Layanan
Berbasis Lokasi
Wikitude.me
menyediakan jenis browser khusus untuk ponsel pintar yang dilengkapi dengan
sistem penentuan posisi global (GPS) dan kompas yang dapat mengidentifikasi
lokasi Anda yang tepat dan di mana telepon diarahkan. Dengan menggunakan
informasi dari lebih dari 800.000 tempat menarik yang tersedia di Wikipedia,
ditambah ribuan situs lokal lainnya, browser akan melapisi informasi tentang
tempat menarik yang Anda lihat, dan menampilkan informasi itu di layar ponsel
cerdas Anda, yang dilapiskan pada peta atau foto yang baru saja Anda lihat .
Perbankan
dan Jasa Keuangan
Bank
dan perusahaan kartu kredit meluncurkan layanan yang memungkinkan pelanggan
mengelola akun mereka dari perangkat mobile mereka. Pelanggan JPMorgan Chase
dan Bank of America dapat menggunakan ponsel mereka untuk memeriksa saldo
rekening, mentransfer dana, dan membayar tagihan.
Periklanan
dan Ritel Nirkabel
Meskipun
pasar iklan mobile saat ini kecil ($ 784 juta), tumbuh dengan cepat (naik 17
persen dari tahun lalu dan diperkirakan akan tumbuh menjadi lebih dari $ 6,2
miliar pada tahun 2014), karena semakin banyak perusahaan mencari cara untuk
memanfaatkan database baru lokasi- informasi spesifik.
Game
dan Hiburan
Ponsel
telah berkembang menjadi platform hiburan portabel. Smartphone seperti iPhone
dan Android menawarkan download dan streaming game digital, film, acara TV,
musik, dan nada dering. Pengguna layanan broadband dari vendor nirkabel utama
dapat melakukan streaming klip video on-demand, klip berita, dan laporan cuaca.
MobiTV, yang ditawarkan oleh Sprint dan AT & T Wireless, menampilkan
program TV langsung, termasuk MSNBC dan Fox Sports. Perusahaan film mulai
memproduksi film pendek yang secara eksplisit dirancang untuk dimainkan di
ponsel.
10.4
MEMBANGUN SITUS WEB E-COMMERCE
Membangun
situs e-commerce yang sukses memerlukan pemahaman bisnis, teknologi, dan isu
sosial yang tajam, serta pendekatan yang sistematis. Perlakuan lengkap terhadap
topik ini berada di luar cakupan teks ini, dan siswa harus berkonsultasi dengan
buku yang hanya membahas topik ini (Laudon and Traver, 2011). Dua tantangan
manajemen yang paling penting dalam membangun situs e-commerce yang sukses
adalah (1) mengembangkan pemahaman yang jelas tentang tujuan bisnis Anda dan
(2) mengetahui bagaimana memilih teknologi yang tepat untuk mencapai tujuan
tersebut.
PIECES
PUZZLE SITE-BUILDING
Pertama,
Anda harus menyadari area utama di mana Anda perlu membuat keputusan. Pada
bagian organisasi dan sumber daya manusia, Anda harus mengumpulkan tim individu
yang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk membangun dan mengelola situs
e-commerce yang sukses. Tim ini akan membuat keputusan penting tentang
teknologi, desain situs, dan kebijakan sosial dan informasi yang akan
diterapkan di situs Anda. Seluruh upaya pengembangan situs harus dikelola
dengan ketat jika Anda berharap terhindar dari bencana yang terjadi di beberapa
perusahaan. Anda juga perlu membuat keputusan tentang perangkat keras,
perangkat lunak, dan infrastruktur perkantoran Anda. Tuntutan pelanggan Anda
harus mendorong pilihan teknologi Anda. Pelanggan Anda menginginkan teknologi
yang memungkinkan mereka menemukan yang mereka inginkan dengan mudah, melihat
produk, membeli produk, dan kemudian menerima produk dari gudang Anda dengan
cepat. Anda juga harus mempertimbangkan dengan hati-hati desain situs Anda.
Begitu Anda telah mengidentifikasi area pengambilan keputusan utama, Anda perlu
memikirkan rencana proyek.
TUJUAN
BISNIS, FUNGSIONALITAS SISTEM, DAN PERSYARATAN INFORMASI
Dalam
merencanakan situs Web Anda, Anda perlu menjawab pertanyaan, “Apa yang kita
inginkan dari situs e-commerce untuk bisnis kita?” Pelajaran utama yang harus
dipelajari di sini adalah membiarkan keputusan bisnis mendorong teknologi,
bukan sebaliknya. Ini akan memastikan bahwa platform teknologi Anda selaras
dengan bisnis Anda. Kami akan berasumsi bahwa Anda telah mengidentifikasi
strategi bisnis dan memilih model bisnis untuk mencapai tujuan strategis Anda.
Perencanaan Anda harus mengidentifikasi tujuan bisnis yang spesifik untuk situs
Anda, dan kemudian mengembangkan daftar fungsi sistem dan persyaratan
informasi. Tujuan bisnis hanyalah kemampuan yang Anda inginkan untuk dimiliki
situs Anda. Fungsi sistem adalah jenis kemampuan sistem informasi yang Anda
perlukan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Persyaratan informasi untuk suatu
sistem adalah elemen informasi yang harus dihasilkan sistem agar mencapai
tujuan bisnis.
MEMBANGUN
SITUS WEB: DI DALAM RUMAH VERSUS OUTSOURCING
Ada
banyak pilihan untuk membangun dan memelihara situs Web. Banyak tergantung
berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan. Pilihan berkisar dari
outsourcing seluruh pengembangan situs web ke vendor eksternal untuk membangun
semuanya sendiri (di-rumah). Anda juga memiliki keputusan kedua untuk membuat:
akankah Anda meng-host (mengoperasikan) situs di server perusahaan Anda sendiri
atau akankah Anda melakukan outsourcing hosting ke penyedia host Web? Ada
beberapa vendor yang akan merancang, membangun, dan meng-host situs Anda,
sementara yang lain akan membangun atau host (tapi tidak keduanya).
Keputusan
Pembangunan
Jika
Anda memilih untuk membangun situs Anda sendiri, ada berbagai pilihan. Kecuali
Anda cukup terampil, Anda harus menggunakan template sebelumnya untuk membuat
situs Web.
Keputusan
Hosting
Sekarang
mari kita lihat keputusan hosting. Sebagian besar bisnis memilih untuk
melakukan outsourcing hosting dan membayar perusahaan untuk meng-host situs Web
mereka, yang berarti bahwa perusahaan hosting bertanggung jawab untuk
memastikan situs tersebut “live” atau dapat diakses, 24 jam sehari. Dengan
menyetujui biaya bulanan, bisnis tidak perlu memikirkan aspek teknis dalam
menyiapkan dan merawat server Web, tautan telekomunikasi, atau penempatan
khusus.
Anggaran
Situs Web
Situs
Web Sederhana dapat dibangun dan dihuni dengan biaya tahun pertama sebesar $
5.000 atau kurang. Situs web perusahaan besar dengan tingkat interaktivitas dan
keterkaitan yang tinggi dengan sistem perusahaan menghabiskan biaya beberapa
juta dolar setahun untuk dibuat dan dioperasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar