Desain Studi Kelayakan Bisnis
DesainStudi
Kelayakan
Tujuan
Setelah
mempelajariBab ini mahasiswadiharapkan dapatmemahami:
•
Aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan studi
kelayakan? Bagaimana sejarah proyek? Siapa sponsor proyek?
•
Studi kelayakan dilakukan oleh sponsor proyek sendiri atau menggunakan
jasakonsultan? Perlu jasakonsultan luar negeri?
•
Bagaimana ide pertama muncul? Apa pendorongnya? Sponsor mempunyai pengetahuan
tentang proyek?
•
Sejauh mana aspek yang mempengaruhi proyek akan diteliti? Alat dan kerangka
analisa apa yang diperlukan? Data apa dan siapa sumber datauntuk keperluan
analisa?
Identifikasi
KesempatanUsaha
Tahap
melakukanproyek investasi:
1.
Identifikasi, sponsor proyek melihat adanyakesempatan investasi yang
menguntungkan. Pengamatan terhadap lingkungan untuk memperkirakan kesempatan
dan ancaman usaha
2.
Perumusan, tahap menerjemahkan kesempatan investasi kedalam suatu rencana
proyek yang konkret, dengan faktor-faktor yang penting dijelaskan secara garis
besar
3.
Penilaian, melakukan analisa dan menilai aspek pasar, teknik, keuangan, dan
perekonomian
4.
Pemilihan, melakukan pemilihan dengan mengingat segala keterbatasan dantujuan
yang akandicapai
5.
Implementasi, menyelesaikan proyek tersebut dengan tetap berpegang pada
anggaran.
Identifikasi
kesempatan berusaha, bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara:
a.
Mempelajariimpor .
b.
Menyelidikimateriallokal untuk kemungkinan eksploitasi lebih lanjut
c.
Mempelajari keterampilan tenaga kerja, terutama untuk jenis industri tertentu
d.
Melakukanstudiindustri
e.
Menerapkan kemajuan teknologi . Perubahan teknologi dari waktu ke waktu
memungkinkan investor memanfaatkan sebelum pihak lain menggunakannya
(competitiveadvantage).
f.
Mempelajarihubunganantar-industri.
g.
Menilai rencanapembangunan.
h.
Melakukanpengamatandi tempat lain.
Tujuan
Keputusan Investasi
Tujuan
yang paling tepat dari pengambilan keputusan untuk melakukan investasi
adalahuntuk memaksimumkannilai pasar modalsendiri (saham).
Tujuan
ini menghadapi masalah-masalah operasional (terutama di negara-negara yang
sedang berkembang):
(1)
Tidak bisa diterapkan pada sektor publik karena tidak ada pemilikan lainselain
negara
(2)
Sejumlah besar perusahaan pada sektor swasta tidak menjual sahamnya ke pasar
modal
Pengetahuan
tentang bagaimana pengaruh keputusan investasi terhadap nilai pasar
modalsendiri masih kurang cukup.
ANALISIS
STUDI KELAYAKAN
ALAT
DAN KERANGKA ANALISA
1.
Analisa aspek pasar dan pemasaran:
•
metode ekstrapolasi mekanis (noncausalmethod ),
•
metode ekonometri (tentang hubungan antar-variabel), dan
•
metode-metode lain(metode judgement ,metode koefisien teknis).
Survei
khusus yang mungkin harus dilakukantentang consumerbehavior :
·
Perilaku konsumsi
·
Kepuasaan thd. produk saatini
·
Pengetahuan produk
·
Kebutuhan yg belumterpenuhi
·
Keinginan dan rencana pembelian
·
Sikapterhadap produk
·
Motif pembelian
·
Karakteristik sosial ekonomi.
2.
Analisa aspek teknik dan produksi,dilakukanoleh mereka yang menguasai
pengetahuan teknis dan manajemennya (resource persons ), menyangkut:
•
Analisaperilaku biaya (identifikasi fungsi biaya)
•
Analisaperbandingan biaya (memilih alternatif produksi yang lebih baik)
•
Analisapenggantian aktivadan penyediaan mesin
•
Metode transportasi (menentukan lokas gudang)
•
Pemilihanlokasi dengan metode scoring atauperbandingan biaya
•
Analisahubungan link analysisuntuk mengatur tata letak fasilitas produksi
•
Time andmotion studyuntuk pengaturan skedul kerja.
3.
Analisa aspek keuangan dengan menggunakan alat berikut:
•
Metode penilaian investasi
•
Metode penentuan kebutuhan dana, baik modalkerja maupun aktiva tetap
•
Metode pemilihan sumber dana (modal keseluruhan perusahaan. Analisis
rentabilitas ekonomi, rentabilitas modalsendiri, pertimbangan aspek likuiditas)
•
Analisabreakevent, linear maupun nonlinear
•
Proyek alirankas (anggaran kas) untuk memperkirakan kemampuan memenuhi
kewajiban finansial
•
Analisasumber dan penggunaan dana
•
Analisarisiko investasi (dihubungkan dengan penilaian profitabilitas
investasi).
4.
Analisa aspek manajemen:
•
Analisajabatan: menentukan deskripsi dan spesifikasi jabatan
•
Analisabeban kerja dan angkatan kerja: menentukan kebutuhan akan jumlah tenaga
kerja
•
Analisastruktur organisasi: menentukan kedalaman,dasar pengelompokan kegiatan dan
hubungan antar departemen.
5.
Analisa manfaat ekonomidan sosial:
•
Melakukan penyesuaian terhadap manfaat komersial (finansial)
•
Analisamanfaat dan pengorbanan sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar