Pertemuan 1 : Perencanaan dan Penganggaran Perusahaan


    Salah satu fungsi dari manajemen adalah perencanaan (planning). Perencanaan merupakan tindakan yang dibuat berdasarkan fakta dan asumsi mengenai gambaran kegiatan yang dilakukan pada waktu yang akan datang dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Perencanaan berarti menentukan sebelumnya kegiatan yang mungkin dapat dilakukan dan bagaimana cara melakukannya. Perencanaan merupakan upaya tindakan berhati-hati sebelum melakukan sesuatu agar apa yang dilakukan dapat berhasil dengan baik.
Tujuan utama perencanaan adalah untuk memberikan proses umpan maju  (feedforward) agar dapat memberikan petunjuk kepada setiap manajer dalam pengambilan keputusan operasional sehari-hari.
Jadi rencana meliputi: tujuan, kebijaksanaan, peraturan, metode, strategi, standar, program, prosedur, dan anggaran (M. Nafarin)
a. Tujuan, terbagi menjadi dua yaitu tujuan secara umum dan tujuan khusus.
    Tujuan umum (goal) adalah tujuan yang menyatakan secara luas keadaan diwaktu yang
    akan ddan hasil akhir dari aktivitas perusahaan dalam jangka panjang.
    Tujuan khusus (target) adalah tujuan yang melukiskan ruang lingkup yang jelas serta
    memberikan arah kepada usaha-usaha yang dilakukan dalam jangka pendek.
b. Kebijaksanaan dan peraturan
    Peraturan (rules) adalah suatu petunjuk, perintah, larangan, penghargaan, sanksi, dan
    kewajiban dalam pelaksanaan pekerjaan.
    Kebijaksanaan (policy) adalah petunjuk menyeluruh secara verbal, tertulis atau yang
    diimplikasikan yang menetapkan batas-batas umum serta arah tindakan yang akan 
    dilaksanakan. Kebijaksanaan merupakan bimbingan berpikir bagi para bawahan dalam
    upaya mencapai tujuan. 
c. Metode dan standar
    Metode adalah suatu cara yang ditetapkan untuk melaksanakan suatu tugas tertentu.
    Standar merupakan suatu kesatuan pengukuran yang ditetapkan sebagai suatu patokan
    dalam pelaksanaan pekerjaan.
d. Strategi
    Strategi merupakan cara mencapai tujuan yang harus diikuti oleh setiap bagian dalam
    perusahaan.
e. Program
   Program menggariskan tindakan-tindakan yang akan dilakukan, oleh pihak mana, bilamana
   dan di mana. Ditetapkan juga asumsi-asumsi, komitmen-komitmen, dan bidang-bidang yang
   akan dipengaruhi.
f. Prosedur
   Prosedur merupakan suatu urut-urutan seri tugas yang saling berhubungan yang diadakan
   untuk menjamin pelaksanaan yang seragam.






Apa itu Anggaran?
    Anggaran perusahaan adalah rencana tentang kegiatan perusahaan (Gunawan A). Rencana ini mencakup berbagai kegiatan operasional yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam jangka waktu tertentu untuk dimasa yang akan datang.
    Anggaran (budget) adalah suatu rencana keuangan periodic yang disusun berdasarkan program-program yang tealh disahkan (M Nafarin). Anggaran merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang untuk jangka waktu tertentu.
Anggaran merupakan alat manajemen dalam mencapai tujuan. Jadi anggaran bukan tujuan dan tidak dapat menngantikan manajemen.
Untuk mencapai tingkat efisiensi tertentu dan seterusnya menghasilkan keuntungan yang diharapkan, perusahaan melaksanakan kegiatan-kegiatan fungsional di bidang pemasaran, operasi/produksi, keuangan dan manajemen operasional. Masing-masing bidang ini merupakan kegiatan yang menuntut spesialisasi tersendiri dengan programnya masing-masing. Bilamana masing-masing bidang membuat dan menentukan programnya sendiri terlepas dari program dan kegiatan bidang yang lain, maka besar sekali kemungkinannya program-program ini bukannya saling membantu  dan melengkapi untuk mencapai sasaran bersama yakni terwujudnya sebuah keuntungan, melainkan satu sama lain dapat saling bertentangan. Untuk mencegah hal tersebut diperlukan suatu mekanisme suatu perencanaan dan pengendalian yang terpadu (integrated) yang kemudian kita kenal dengan istilah anggaran perusahaan (business budget)
Pada dasarnya dalam anggaran (budget) terdapat empat unsur, yaitu:
-         Perencanaan
-         Kegiatan
-         Kesatuan
-         Waktu
Dalam penyusunan anggaran perlu dipertimbangkan berbagai factor, yaitu:
a.     Pengetahuan tentang tujuan dan kebijaksanaan umum perusahaan
b.     Data-data waktu yang lalu
c.      Kemungkinan perkembangan kondisi ekonomi
d.     Pengetahuan tentang taktik, strategi pesaing, dan gerak-gerik pesaing
e.      Kemungkinan adanya perubahan kebijaksanaan pemerintah
f.       Penelitian untuk pengembangan perusahaan. 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Business

Popular

Arsip Blog

Recent Posts