BAB 8
Penulisan Direct Request
A. Penulisan Direct Request
Ketika audiens
mulai tertarik dengan apa yang kita sampaikan atau mulai ada interaksi dengan
komunikator, maka pesan-pesan bisnis sebaiknya disampikan melalui pendekatan
langsung (direct approach). Organisasi direct request mencakup pembukaan,
penjelasan rinci dan penutup.
Sajikan permintaan atau ide-ide pokok (main idea)
yang diikuti dengan fakta-fakta yang perlu secara rinci, yang selanjutnya
diikuti dengan pernyataan dan tindakan nyata yang diinginkan.
-
Pembukaan (kemukakan apa permintaan anda)
-
Penjelasan rinci (berikan penjelasan secara rinci sebagai pendukung
alinea pembukaan)
-
Penutup (kemukakan permintaan terhadap tanggapan khusus)
B. Permintaan Informasi Rutin
Surat-surat
permintaan rutin layak memperoleh perhatian dengan bijaksana. Dalam membuat
surat permintaan perlu diperhatikan tiga pertanyaan berikut ini:
- Apa
yang ingin diketahui?
-
Mengapa hal tersebut perlu diperhatikan?
-
Mengapa hal ini dapat membantu?
Dalam kaitannya dengan direct request dapat berasal
dari dalam maupun luar organisasi.
C. Menulis Direct Request untuk Pengaduan
Istilah surat
pengaduan (claim letter) dan surat penyesuaian (adjustment letter) yang
berkaitan dengan ketidak puasaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa, bagi
kebanyakan orang adalah kata-kata yang kurang menyenangkan.
Konsumen yang tidak puas mungkin akan melakukan
beberapa hal antara lain yaitu:
-
Pengembalian barang yang sudah dibeli dan meminta uang kembali seharga
tersebut (refund)
-
Meminta pengiriman barang yang baru sesuai dengan pesanan.
-
Penggantian sebagian atau seluruh bagian yang rusaka
-
Perbaikan gratis
-
Pengurangan harga karena produknya ada yang cacat atau rusak
-
Pembetulan atas kesalahan penagihan produk
-
Koreksi atas kesalahan dalam nota pembayaran
-
Penjelasan atas perubahan kebijakan atau prosedur
D. Surat Undangan, Pesanan dan Reservasi
Pada umunya
pendekatan yang digunakan dalam menyusut surat undangan, pesanan dan reservasi
adalah pendekatan langsung (direct approach)
1) Surat
Undangan (ide pokok, penjelasan rinci, penutup)
2) Surat
Pesanan dan Reservasi
E.
Permintaan Kredit
Permintaan kredit umunya ada dua tahap yaitu mengisi
formulir yang telah disediakan oleh lembaga perkreditan dan
mengirmkan/melampirkan berbagai data pendukung penting yang diperlukan dalam
proses.
BAB 9
Penulisan Permintaan Pesan-Pesan Rutin
dan Positif
A.
Strategi penulisan permintaan
pesan-pesan positif adalah dengan pendekatan langsung (direct
approach). Pengorganisasian pesan-pesan good-news dalam dunia bisnis umumnya
sama yaitu menggunakan pola langsung dan deduktif.
Rotine Messeges (pesan rutin)
Good-News (Berita/Kabar baik)
Pembukaan : Pernyataan ide pokok (main idea)
Pembukaan : Pernyataan Good-news
Pertengahan/isi : Penjelasan rinci
Pertengahan/isi : Penjelasan rinci
Penutup : Mengingatkan kembali ide pokok atau
mencakup pemikiran penutup yang berorientasi kedepan
Penutup : Mengingatkan kembali good-news atau
mencakup pemikiran penutup yang berorientasi ke depan
Keunggulan:
v
Meningkatkan pemahaman secara
komprehensif (menyeluruh) ketika pertama kali membaca suatu pesan
v
Menekan pada hasil analisa yang telah
anda lakukan
v
Menghemat waktu bagi pembaca
Kelemahan
v
Orang cenderung menyampaikan suatu pesan
berdasarkan cara berfikirnya
v
Kesulitan mengubah cara berfikir yang
cenderung “to the point” hal ini terkait pada pola pendidikan sebelumnya yang
telah diajarkan.
B. Pesan-pesan Good-News dan Goodwill
Adalah pesan-pesan bisnis yang memberikan kesan
positif dan menyenangkan kepada pihak lain
v
Good-news tentang pekerjaan
v
Good-news tantang produk
Pesan-pesan Goodwill adalah perasaan positif yang
mendorong orang untuk tetap menajaga hubungan bisnis lebih baik. Pesan goodwill
disampaikan melalui pemberian ucapan selamat kepada karyawan seperti: naik
jabatan dll.
C. Menulis Jawaban Positif
Untuk memberi jawaban atas berbagai permintaan
informasi yang positif tersebut, dapat digunakan pendekatan langsung yang
dimulai dengan pernyataan yang positif dan menyenangkan, dan diakhiri dengan
pernyataan hormat atau penghargaan pada orang lain.
1) Surat
konfirmasi pesanan
Surat konfirmasi (confirmation letter) diperlukan
apabila terdapat pesanan produk dalam jumlah dan nilai yang cukup besar.
Sebaliknua apabila nilai pesanannya relative kecil maka tidak diperlukan
confirmation letter.
2)
Menjawab permintaan informasi
Setiap permintaan itu penting baik dari dalam atau
luar organisasi. Pendapat orang lain tentang organisasi akan dipengaruhi oleh
bagaimana kesigapan dalam dalam menangani permintaan tersebut.
·
Menjawab permintaan dengan penjualan
potensial
Pelanggan prospektif sering meminta laporan tahunan,
katalog atau brosur untuk membantu dalam pengambilan keputusan tentang suatu
produk melalui periklanan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjawan
permintaan informasi potensial sales yaitu (1) memberi tanggapan terhadap semua
permintaan dan menjawab semua pertanyaan, (2) mendorong penjualan yang akan
datang, dan (3) memberika kesan yang baik terhadap pelanggan dengan memberikan
tanggapan yang baik dan tambahan informasi produk terbaru.
·
Menjawab permintaan tanpa penjualan
Bentuk jawaban lain atas permintaan yang berasal
dari luar organisasi dapat dilakukan dengan (1) menjawab semua pertanyaan
dengan jujur dan lengkap, dan (2) memberikan kesan yang baik dan menyenangkan
terhadap pelanggan.
D. Menangani Permintaan Kredit Rutin
Pertumbuhan
ekonomi tidak terlepas dengan masalah kredit. Para pelaku bisnis sering membawa
dompet berisikan kartu kredit dari berbagai lembaga perbankan. Melalui kartu
kredit inilah para pelaku bisnis dapat memperoleh kemudahan layanan pembayaran.
Kredit pada dasarnya adalah bentuk kepercayaan yang
diberikan lembaga keuangan bank maupun non bank
1)
Persetujuan Kredit ( Credit Approval )
2)
Referensi Kredit
Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam surat
rekomendasi kredit (credit reference) yaitu (1) permohonan surat rekomendasi
harus resmi atau disahkan (2) nyatakan sesuai dengan fakta yang ada, dangan
dibuat-buat.
E. Surat Rekomendasi dan Pemberitahuan
Surat
rekomendasi merupakan salah satu bentuk informasi positif yang berkaitan erat
dengan orang. Beberapa karakteristik surat rekomendasi antara lain:
1) Nama
lengkap pemohon (untuk keperluan melanjutkan studi atau mencari kerja)
2)
Pekerjaan atau manfaat yang diharapkan
3)
Penulis sedang menjawab suatu permohonan atau atas inisiatif sendiri
4)
Hakikat hubungan antara penulis dan pemohon
5)
Fakta-fakta yang relevan dengan posisi/kedudukan yang dicari
Surat rekomendasi biasanya bersifat rahasia sehingga
pemohon tidak diperkenankan melihat isi surat rekomendasi tersebut. Pada umumnya
surat rekomendasi dikirim langsung ke tenpat tujuan yang dikehendaki oleh
pemohon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar